- BINARY OPTION

Apa Itu Bitcoin ? Bagaimana Cara Kerjanya

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang merasa asing dengan bitcoin, dan masih bertanya-tanya tentang apa itu bitcoin? Bitcoin sendiri merupakan sebuah aset digital yang mulai dikembangkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto (Nama Samaran). Disebut sebagai aset digital karena memang bitcoin itu sendiri hanya tersedia di digital.

Bitcoin saat ini sudah populer dan banyak digunakan di beberapa negara berkembang termasuk juga di Indonesia. Bitcoin yang biasa di singkat dengan BTC ini merupakan sistem transaksi kas yang digunakan secara global. Saat ini bitcoin sudah dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi menguntungkan karena memang menawarkan keuntungan yang besar.

Bagaimana Cara Menggunakan Bitcoin

https://infoinvestasi.com/

Sama sebagai fungsinya sebagai alat transaksi, bitcoin digunakan untuk transaksi di internet tanpa menggunakan perantara atau tidak terhubung pada jasa bank. Bitcoin menggunakan sistem Peer to Peer (P2P) untuk beroperasi, tanpa otoritas pusat atau bank sentral, pengelolaan transaksi dan penerbitan bitcoin dilakukan secara kolektif oleh jaringan.  Bitcoin yang merupakan mata uang digital (cryptocurrencies) menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi untuk penggunanya.

Terdapat dua cara untuk mendapatkan bitcoin secara legal, yang pertama yaitu membeli dari exchanger yang resmi. Kedua dengan mengikuti Bitcoin mining. Untuk di Indonesia sendiri saat ini masyarakat banyak yang memilih untuk membeli bitcoin di perusahaan

Jika anda sudah memiliki bitcoin, anda bisa melakukan transfer bitcoin ke berbagai penjuru dunia asalkan terkoneksi ke internet. Bitcoin itu sendiri nanti akan di simpan ke dalam Bitcoin Wallet. Wallet ini harus diinstal di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone. Jika sudah menginstall wallet, maka anda akan mendapatkan  Bitcoin Address. Untuk melakukan transfer bitcoin, buka aplikasi wallet, masukan Bitcoin Address dari lawan transaksi dan jumlah bitcoin yang ingin ditransfer, kemudian kirim.

karakteristik Bitcoin

  • Tidak memiliki bentuk fisik
  • Jumlah bitcoin sangat terbatas, diperkirakan hanya ada 21 juta bitcoin
  • Bisa dipecah menjadi nomial kecil tanpa kehilangan nilai unit seperti 0,001 Bitcoin.
  • Bitcoin stabil dan tidak akan mengalami degradasi
  • Tidak ada bitcoin palsu kerena menggunakan sistem blokchain.
  • Dapat ditransfer kemana saja melalui jalur virtual

Kelebihan dan kekurangan bitcoin

Dijadikan sebagai alat transaksi digital, bitcoin tentu saja memiliki banyak kelebihan. Namun tidak bisa dipungkiri juga, bitcoin memiliki beberapa kelemahan. Dan berikut adalah kelebihan dan kekurangan bitcoin :

Kelebihan Bitcoin

  1. Bitcoin tidak memiliki batas, batas wilayah ataupun batasan berupa kebijakan atau aturan perbankan dan negara. Sebab transaksi bitcoin bisa dilakukan lintas negara tanpa ada aturan terkait.
  2. Layanan transaksi bitcoin sangat rendah
  3. Bitcoin sangat aman dan efisie. Sehingga bisa meminimalisir risiko pengguna
  4. Bitcoin sangat transparan karena informasi tentang bitcoin bisa dilihat oleh semua pengguna
  5. Bitcoin tidak terpengaruh inflasi
  6. Pemilik bitcoin bisa menyembunyikan identitasnya (Anonim)

Kekurangan Bitcoin

  1. Penerimaan bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran masih sangat minim
  2. Nilai tukar bitcoin naik turun atau fluktuatif yang di sebab oleh berbagai macam faktor seperti, jumlah bitcoin yang beredar, jumlah pengguna yang sedikit ketimbang trader, pengaruh berita ekonomi dan adanya peretasan.
  3. Software bitcoin masih belum final sehingga masih bisa berubah sewaktu-waktu
  4. Bisa dijadikan sebagai pencucian untuk pelaku kriminal
  5. Bisa hilang akibat human error semisal hilangnya hardisk tempa menyimpan bitcoin. Otomatis, bitcoin pun juga hilang.

About Anton Agustaf

Read All Posts By Anton Agustaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *