- SAHAM

Cara Mendapatkan Keuntungan Dari Investasi Saham

Akhir-akhir ini peminat investasi saham meningkat. Hal ini dikarenakan banyaknya keuntungan investasi saham. Jika Anda termasuk salah satu orang yang sedang mencari cara mendapatkan uang, makan investasi saham ini menjadi salah satu solusinya.

Peningkatan investor juga dikarenakan adanya gerakan atau kampanye yuk nabung saham. Yuk nabung saham merupakan gerakan menabung tapi dalam bentuk saham. Jadi tabungan Anda nanti hasil akhirnya dalam bentuk kepemilikan saham.

Nah bagi yang masih ragu untuk berinvestasi saham, beberapa keuntungan investasi saham berikut mungkin bisa membuat Anda lebih yakin. Berikut keuntungan yang dimaksud.

Keuntungan Investasi Saham

  1. Dividen tunai

Keuntungan investasi saham yang pertama adalah investor berhak mendapatkan dividen tunai. Dividen merupakan keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam periode tertentu yang dibagikan kepada pemilik saham menurut jumlah lembar kepemilikannya.

Mereka yang berhak menerima dividen tunai ini adalah mereka memiliki saham sampai cum-date dividen. Dividen yang didapat jumlahnya sesuai dengan jumlah lembar kepemilikan saham dikurangi pajak.

Namun hal tersebut tidak berlaku jika keuntungan perusahaan sangat kecil atau bahkan tidak memiliki keuntungan. Jadi saat berinvestasi, pastika memilih perusahaan yang prospek ke depannya bagus dan berpeluang besar menguasai pasaran.

  1. Saham Bonus

Dividen saham termasuk dalam saham bonus. Nah selain dividen saham, non dividen saham juga termasuk saham bonus. Saham bonus ini sebenarnya merupakan pembagian saham yang diberikan pada pemegang saham yang jumlahnya berdasarkan jumlah lembar saham yang dimiliki.

Keuntungan investasi saham yang berupa pemberian saham bonus ini diharap mampu menaikkan jumlah peredaran saham di suatu perusahaan. Dividen saham sendiri berasal dari kapitalisasi agio saham dan non dividen saham berasal dari jumlah keuntungan perusahaan yang ditahan.

  1. Capital gain

Saat Anda berinvestasi saham, Anda tentu tahu faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham. Harga saham bisa naik turun tergantung beberapa faktor seperti kondisi sosial ekonomi, kondisi politik, manajemen perusahaan, dan tren.

Nah bagi investor saham jangka pendek, mereka memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Biasanya mereka akan menjual saham saat harganya sedang melambung tinggi.

Bagaimana? Anda tertarik ingin investasi saham bukan? Nah demikian tadi sedikit ulasan tentang keuntungan investasi saham, semoga bermanfaat.

About Anton Agustaf

Read All Posts By Anton Agustaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *