- BISNIS

Investasi Reksadana Masih Di Minati Masyarakat

Hingga akhir tahun 2018 ini, minat masyarakat Indonesia dalam investasi reksadana diperikirakan masih sangat tinggi. Hingga akhir tahun ini reksadana memiliki potensi menaikan Nilai Aktiva Bersih (NAB) di atas Rp 500 triliun. Melihat data dari Statistik Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 26 Oktober 2018, NAB dari industri reksadana di luar Reksadana Penyertaan Terbatas (RDPT) berhasil menyentuh angka Rp 495 triliun atau naik sekitar 8% jika di bandingkan tahun 2017 lalu.

Kenaikan NAB tersebut didorong oleh pertumbuhan Unit Penyertaan (UP) menjadi 374 miliar unit jika dibandingkan dengan posisi tahun sebelumnya yang hanya berkisar 324 miliar. Di tahun ini, OJK mencatat, NAB reksadana sempat menembus angka tertinggi yaitu Rp 507,5 triliun pada bulan April 2018.

Secara year to date hingga bulan Oktober, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mengalami tekanan 8% di tengah depresiasi nilai tukar rupiah dan aksi jual yang di lakukan oleh investor asing. Namun di sisi lain, ada sentimen positif yang memberikan angin segar untuk pasar modal seperti kondisi makroekonomi yang kian terjaga. Ada rasa optimis dari para investor atas perekonomian Indonesia sehingga ini yang mendorong nilai NAB semakin membaik.

Selain itu, dana kelolaan reksadana juga masih bisa di dorong, sebab setiap bulan investor masih masuk ke pasar reksadana. Dengan kondisi pasar yang semakin membaik di tambah dengan rasa optimis dari para investor terhadap pasar modal Indonesia, masyarakat yang berinvestasi, khususnya investasi reksadana saat ini terlihat semakin lebih tereukasi dalam situasi berbagai fluktuasi yang bisa terlihat dari pertumbuhan unit penyertaan.

Oleh sebab itu, tahun 2018 ini, investasi reksadana masih menjadi pilihan investasi terbaik untuk masyarakat Indonesia. Di perikaran hingga tahun 2019 nanti, investasi reksadana masih menjadi primadona masyarakat Indonesia dalam mengembangkan dana nya.

About Anton Agustaf

Read All Posts By Anton Agustaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *