- REKSADANA

Jenis-jenis Reksadana

Bagi Anda yang tertarik dengan investasi reksadana, maka tidak ada salahnya mengetahui jenis-jenis reksadana. Dengan mengetahui jenis reksadana, Anda bisa memilih mana yang pas untuk keperluan Anda dan apa yang akan Anda gunakan. Nah bagi para pemula, berikut beberapa jenis reksadana yang perlu Anda ketahui.

Jenis Reksadana yang Perlu Anda Tahu

  1. Reksadana Pasar Uang
    Jenis reksadana satu ini merupakan reksadana yang resikonya tergolong rendah sehingga cocok bagi para investor konservatif. Seluruh dana investasi reksadana pasar uang biasanya ditempatkan pada instrumen seperti obligasi, deposio, dan sertifikat bank Indonesia (SBI).
  2. Reksadana Pendapatan Tetap
    Reksadana
    satu ini 80% investasinya ditempatkan dalam efek yang memberikan pendapatan tetap seperti surat utang perusahaan atau surat utang negara yang mempunyai jangka jatuh tempo yang lebih dari setahun.
  3. Reksadana Campuran
    Jenis reksadana satu ini dananya diinvestasikan dalam beberapa efek seperti efek saham, surat utang, ataupun instrumen pasar uang. Tingkat resiko reksadana satu ini tergolong sedang, sangat cocok bagi investor jenis moderat.
  4. Reksadana Saham
    Reksadana
    satu ini minimal 80% investasinya ditempatkan dalam efek yang bersifat ekuitas atau saham. Resiko reksadana ini cukup tinggi cocok untuk investor jenis agresif. Nah karena resikonya tinggi, maka hasilnya juga tinggi dibanding yang lainnya.
  5. Reksadana Terproteksi
    Jenis reksadana satu ini waktu pembeliannya ditentukan MI yang telah menerbitkan. Reksadana terproteksi memiliki masa jatuh tempo dan pembagian dividen periodik.
  6. Reksadana Indeks
    Reksadana indeks komposisi portofolionya dibuat seperti indeks acuan sehingga hasil yang diperoleh juga sesuai dengan indeks yang diikuti, Indeks yang dimaksud bisa berupa indeks saham atau indeks obligasi.
  7. Exchange Traded Fund (ETD)
    ETF berbentuk kontra investasi kolektif yang mana unit penyertaannya diperdagangkan di bursa yang kinerjanya mengacu pada indeks tertentu seperti indeks obligasi atau indeks saham.
  8. Reksadana Syariah
    Reksadana syariah
    merupakan reksadana yang kegiatan dan perjanjiannya sesuai dengan prinsip syariah.

Reksadana memang bukanlah salah satu cara mendapatkan uang instan tapi merupakan salah satu bentuk investasi yang nantinya bisa memberikan keuntungan. Demikian penjelasan tentang berbagai jenis reksadana, semoga bermanfaat.

About Anton Agustaf

Read All Posts By Anton Agustaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *